Langsung ke konten utama

REVIEW WENAX M STARTER KIT BY GEEKVAPE | POD KECIL MUNGIL DENGAN EKSTRA POWERBANK

REVIEW FOOM POD X BY FOOM | PAKET HEMAT DAN PRAKTIS

DISCLAIMER : REVIEW INI DIBUAT BERDASARKAN SUDUT PANDANG SAYA SEBAGAI PENGGUNA, DIBUAT SE-OBJEKTIF MUNGKIN.

Ini review bukan promosi, barangnya beli sendiri.


Review Foom X Pod by FOOM
Packagingnya begini

PENDAHULUAN

Era pod system masih belum redup sampai sekarang. Ditengah gempuran Boro device yang akhir-akhir ini lagi naik, eksistensi pod masih ada dan belum terpatahkan. Nyatanya, berbagai produsen masih merilis produk-produk pod terbaru mereka.

Cuma…

Saya gak begitu suka dengan trend pod saat ini. Trend-nya, material plastic clear tembus pandang dimana kita sebagai user bisa ngeliat langsung jeroan pod nya seperti apa. Ditambah lagi penggunaan lampu led warna-warni yang awalnya buat indikator baterai, sekarang berkembang jadi semacam gimmick yang gak guna menurut saya. Kayak odong-odong pasar malem.

Yang lebih gak masuk akal lagi, trend warna pink. Cuman gara-gara warna pink harganya beda!.

“Tapi kan pink warna lucu, imut-imut”

Gampang banget kena gocek sama trend gorengan kalian ini.

Masuk ke vapestore pun rekomendasinya itu-itu aja, masih ursa nano, xlim series, kalo gak ya gk2. Ketiganya saya udah pernah coba. Dan barangnya oke aja, buat sekali coba. Tapi kalau buat jangka panjang gak dulu deh. Ursa masih dengan problema qc cartridge yang random, Xlim rawan banjir, GK2 saya gak suka dengan lampu odong-odongnya, bentuknya, belum lagi masalah top cap yang gampang jebat kalau sampai salah buka kayak kasus di seri pod G dan G2. 

 

Review Foom X Pod by FOOM
Isinya begitu

YANG DIBAHAS

Sampai pada akhirnya saya ngeliat Foom X, jiwa dan selera umur 30’an saya langsung tertarik. Pas pegang samplenya pun udah berasa cocok. Material nya ringan tapi gak berasa kopong. Sederhana, led indikator ada tapi gak berlebihan. Soal harga juga termasuk murah.

Kebetulan ada 2 versi yang dijual, Paket bundling dan Device only. Isi keduanya hampir sama sebenernya, cuman dipaket bundling kalian bakal dapet liquid Foom 15ml, soal rasa tergantung stock di toko masing-masing.

Cartridge cuma dapet 1pcs, yah.... mungkin buat nekan harga jualnya biar lebih terjangkau. Kapasitasnya 2ml, kalau mau ngisi liquid lubangnya ada dibagian samping agak bawah.

Dapet kabel usb type c pendek buat ngecharge batreinya, portnya ada dibagian bawah body. Lanyard juga dikasih gratisan, walaupun gak saya pake tapi bisa dibilang termasuk bonus yang menyenangkan.

Lembaran kertas petunjuk manualnya juga simple, pake Bahasa Indonesia gampang dibaca. Jadi gak ada alesan lagi buat males baca. Keterangannya pun lengkap dari soal indikator baterai sampai cara ngisi liquid ada disitu semua.

 

Review Foom X Pod by FOOM
Lubang airflow


Soal fitur gak bisa dibahas banyak saking simplenya. Baterai 580mah dipake seharian lebih dari cukup. Output powernya 11watt. Airflow 2 sisi kiri dan kanan, lobangnya kecil, sewaktu dipuff berasa cukup padet tarikannya.

Gak perlu mencet-mencet tombol buat nge-puff karena udah pake sensor autodraw, tinggal hisap aja.

Soal cartridge ada 2 versi, Refillable dan Prefilled. Refillable itu yang kita isi sendiri pake liquid favorit masing-masing. Kalau Prefilled itu sudah diisi dari pabriknya, semacam Rel-X, Juul. Harganya jelas beda dong, Refillable 35ribu per pcs, Prefilled sudah pasti lebih mahal ga tau berapa deh... saya gak tertarik.

Fitur Double leaking protection

Yang artinya ada proteksi ganda buat mencegah leaking pada cartridgenya. Dan harus diakuin kalau Foom berhasil. Selama saya pakai, sudah ganti 3x cartridge dan gak ada kasus leaking sama sekali. Jadi bukan sekedar gimmick marketing.

Kondensasi masih ada, tapi minim banget. 

 

Review Foom X Pod by FOOM
Logo X indikator lampu baterai

YANG DIRASAIN PAS PAKE

Saya pake bundling Icy Menthol 30mg, dinginnya berasa sampe ke ubun-ubun. Notes mentholnya jelas membekas dilidah, sensasi dinginnya kayak kebagi jadi 2 tahapan, dingin -> dingin banget. Aftertastenya seger dan dingin dimulut.

Nikotin 30mg-nya pun berasa dan konsisten. Bukan tipikal beberapa kali puff langsung kerasa biasa aja.

Jangan Tanya soal manis. Ini gak ada manis-manisnya.

Dengan output power 11wat, memang lebih cocok pakai liquid saltnic di pod ini. Pods friendly atau freebase Mtl kayaknya agak kurang.

 

"Kok dibagian samping boxnya ada tulisan Best used with FOOM Liquid?"

Ya gimana, mungkin sewaktu RnD nya pake liquid bikinan mereka sendiri biar lebih gampang.

Tapi menurut saya, itu cuman teknik marketing aja. 

Pake liquid produsen lain juga bisa kok. Masalah enak apa enggak kan tinggal selera lidah masing-masing orang aja.

 

Review Foom X Pod by FOOM
Logo branding Foom dibagian belakang

INI COCOKNYA BUAT SIAPA?

  • Buat orang-orang yang lagi coba beralih dari rokok menuju vaping jelas cocok.
  • Buat orang-orang yang cari pod simple dan flavor yang cukup memuaskan, bisa juga.
  • Buat yang lagi butuh secondary device karena merasa kurang puas pake nikotin freebase 3,6,9mg. Bisa.
  • Buat yang budgetnya tipis tapi pengen nge-pod.

 

PENUTUPAN

Foom Pod X ini masuk dalam kategori pod favorit saya setelah Vaporesso seri Xros, dan Aflo pod. Secara harga juga masih sangat terjangkau. Faktor simplenya ini yang justru bikin saya tertarik sama Foom Pod X, ditengah barang produsen lain yang dikeluarin dengan tambahan gimmick gak penting, Foom bertahan dengan jalurnya sendiri.

Secara flavor memang tergolong apa adanya bagi sebagian orang yang masih mengutamakan atau cari rasa manis tiap vaping. 

Foom X ini, kalau kalian pakai dengan liquid yang ada manis ya berasa manis, kalau ada asemnya ya berasa asem, dsb… tapi yang jelas gak pake boosting-boosting yang bakalan ganggu inti rasa dari liquid yang kalian pakai. 

Kalau bahasa reviewer kondang biasanya disebut dengan "Tidak Over" atau "Cukup"

Nah… sekarang tergantung kalian.

Butuh pod buat ngikutin trend masa kini?, butuh buat menunjang gaya?, atau butuh karena kalian memang butuh pod buat mencukupi kebutuhan nikotin kalian?

Udah segitu aja.

Kalau masih belum puas dan mau nanya lagi, bisa dm ke akun Instagram @bernard.wicaksono 

 

 



Komentar

  1. Makasih info review foom pod x nya om, sangat membantu.. 👍

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga om, sudah mau mampir dan baca blog saya.

      Hapus
  2. terima kasih reviewnya bang... sangat membantu

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih juga bang, sudah mampir dan baca blog saya..

      Hapus
  3. Bang kabarnya umur catridge foom itu tidak awet/gampang gosong. Apakah itu benar? Abang pakai catridge foom biasanya berapa lama bertahannya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Kabar darimana dan siapa bang? Untuk masalah keawetan jelas tidak awet dong, setiap barang kan ada masa pakainya.

      Selama saya pakai, 1 cartridge bisa digunakan untuk menghabiskan liquid 15ml-30ml. Dengan catatan pemakaian wajar (tidak chainpuff, tidak menggunakan liquid dengan karakter asam dan terlalu manis).

      Selama pemakaiannya masih wajar, tidak campur-campur liquid, frekuensi puff gak ugal-ugalan. Pastinya tidak akan cepat gosong.

      Kecuali anda pas lagi ketiban sial beli cartridge yang quality controlnya jelek. Semua merk pasti ada kasus seperti ini. Bahkan dari produk yang kata user militannya "CTnya BADAK"


      Hapus
  4. Terimakasih bang ini sangat membantu sy sebagai orang yang mau beralih dr rokok ke vaping❤️

    BalasHapus
    Balasan
    1. Terimakasih kembali bang, sudah mampir dan baca tulisan saya.

      Hapus
  5. Ini rekomen buat pemula Gk om? Denger" kata ny klo hisap sambil di bawa agak rebahan rembes ya liquid nya?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Rekomen dengan harga yang terjangkau. Apapun devicenya, kalo ngevape mana enak sambil rebahan. Posisi normal udah paling bener.

      Hapus
  6. Bang denger2 kalo pake liquid selain merk foom flavournya direduce oleh device ini. Bener gak tuh bang?

    BalasHapus
    Balasan
    1. Bukan gitu. Karakter foom x ini flavornya fair. Jadi kalau memang liquidnya manis ya akan terasa manis, cuman tidak sekuat oxva, ursa, dll. Bisa baca lagi dibagian penutupan atas tuh, udah saya jelasin. Jadi kalo anda udah nyaman sama pod macem oxva yang karakternya boost manis, tiba tiba pindah ke foom x anda pasti kecewa. Beda cerita kalau anda dari rokok masuk ke vape, atau udah bosen dan muak sama manis manis. Jelas cocok pake foom x

      Hapus
  7. Cara merawat cartridge pod, gimana om

    BalasHapus
    Balasan
    1. Sudah ditulis sedikit disini, bisa dibaca dulu

      https://thejawavapers.blogspot.com/2023/02/tips-merawat-pod-system.html

      Hapus
    2. Terima kasih om, jawabannya. Di komentar om yang sebelumnya soal catridge pod merek lain yang leak saat terpasang 40 menit, akhirnya saya malah sering pasang-copot catridge...

      Hapus
    3. Ya kalau memang ga dipake dalam jangka waktu yang lama lebih bagus dilepas aja. Misal ditinggal tidur, perjalanan jauh.

      Kalau jeda pemakaian cuma 10 menitan masih aman lah... ga perlu sering sering lepas pasang juga.

      Hapus
  8. Saya beli pod foom x karena ditawarkan oleh teman dengan bundling yang cukup menarik (pod, 2 cartridge, laynard, liquid foom 15ml) seharga 150k, btw batangnya second. Untuk kabel USB type c yang tidak terdapat di bundling saya tidak mempermasalahkannya karena saya punya kabel usb type c nganggur.

    BalasHapus
    Balasan
    1. Awalnya saya skeptis karena fiturnya yang sangat simpel, tapi ternyata rasa dan sensasi yang diberikan cukup enak serta jarang banget leaking. Sekarang udah 3 kali ganti cartridge dan untungnya dapat qc yang bagus. Ada beberapa temen yang nyoba pod foom x saya dan mereka bilang rasanya enak, bahkan ada yang pernah nawar pod foom x saya wkwkwk.

      Hapus

Posting Komentar

Postingan populer dari blog ini

UWELL CALIBURN G POD REVIEW

DISCLAIMER : REVIEW INI DIBUAT BERDASARKAN SUDUT PANDANG SAYA SEBAGAI PENGGUNA, DAN DIBUAT SE-OBJEKTIF MUNGKIN. Diakhir tahun 2020, Uwell mengeluarkan salah satu produknya yaitu CALIBURN G . Saya yakin para vapers Indonesia sudah familiar dengan nama pod Caliburn. Salah satu pod yang penjualanya masih laris manis di pasar Indonesia, sampai saat ini pun masih banyak dicari dan dibeli oleh para vapers.  Dikenal sebagai pod yang mampu menghasilkan rasa enak, konsisten, dan umur cartridge yang cukup awet. Tapi, itukan Caliburn yang lama. Apakah Caliburn G ini masih bisa meneruskan kesuksesan pendahulunya? Simak saja tulisan saya sampai habis.   HADIR DENGAN BENTUK YANG BARU Caliburn G masih berwujud pod stick, namun berbeda dari pendahulunya. Kali ini Caliburn G memiliki bentuk yang sedikit lebih gendut karena memiliki kapasitas baterai yang sediki lebih besar pula, yaitu 690 mah. Material body masih menggunakan alumunium.  Bagian depan dan belakang pada body pod juga memiliki l

UWELL CALIBURN A2 POD REVIEW

DISCLAIMER : REVIEW INI DIBUAT BERDASARKAN SUDUT PANDANG SAYA SEBAGAI PENGGUNA, DIBUAT SE-OBJEKTIF MUNGKIN.   Packaging Caliburn A2 Sebelumnya saya mau bilang bahwa status Caliburn A2 yang direview kali ini adalah punya temen saya. Kebetulan yang bersangkutan memberikan ijin kepada saya buat nyobain sekaligus me-review soal performanya. Dan sebenernya sudah lama sekali saya nyoba pod ini, hanya saja baru kesampaian menulis impressinya sekarang. Langsung saja baca tulisan saya!   PRODUK BARU SEBAGAI PENERUS CALIBURN GEN 1 Dulu saya mengira bahwa Caliburn G merupakan penerus dari Caliburn gen 1 yang hadir dengan beberapa update soal coil, cartridge, kapasitas baterai, dan juga desainnya. Ternyata saya salah mengira. Caliburn G merupakan entitas baru dan tidak berkaitan dengan Caliburn gen 1 . Justru si Caliburn A2 inilah yang menjadi penerus Caliburn gen 1 . Kok bisa begitu? Ya kalian lihat aja lah dari model cartridge-nya, keduanya menggunakan model yang sama yaitu

REVIEW AFLO POD by MINISTRY OF VAPE INDONESIA | POD MURAH YANG TIDAK BISA DIPANDANG SEBELAH MATA

DISCLAIMER : REVIEW INI DIBUAT BERDASARKAN SUDUT PANDANG SAYA SEBAGAI PENGGUNA, DIBUAT SE-OBJEKTIF MUNGKIN. Aflo Pod Tahun 2020 hingga 2021 sepertinya memang menjadi tahun dimana kembali-nya era pod system . Tidak sedikit produsen dari brand yang sudah kondang mengeluarkan line-up terbaru dari jajaran pod system -nya. Kalau diperhatikan hampir setiap bulan selalu muncul produk pod baru. Sampai membuat konsumen jadi bingung mau pilih yang mana. Apalagi untuk para vapers yang lapar mata dan mudah goyah pendirian dengan iming-iming fitur terbaru, desain yang unik, serta varian warna yang menawan, pasti selalu saja tergerak hati untuk mencoba produk-produk pod terbaru yang muncul di pasaran. Salah satunya yang akan saya bahas kali ini adalah Aflo Pod , sebuah pod system besutan dari MOVI . Aflo Pod ini mengingatkan saya kepada pod iSWTCH yang mana dipasarkan dibawah naungan MOVI juga. Bentuk pod-nya sekilas hampir mirip, apalagi bentuk cartridge-nya. Bisa dibilang bahwa Aflo Pod ini

REVIEW SMOK FETCH PRO 80W | AIO STYLISH, MINIMALIS, DAN RAMAH KANTONG

DISCLAIMER : REVIEW INI DIBUAT BERDASARKAN SUDUT PANDANG SAYA SEBAGAI PENGGUNA, DAN DIBUAT SE-OBJEKTIF MUNGKIN. Smok Fetch Pro ini merupakan suksesor dari smok fetch 40w. Dengan design yang lebih kece dan opsi single baterai eksternal 18650 yang pas banget untuk vapers jaman sekarang, gak bingung musti nge charge tinggal ganti pake baterai cadangan aja.  Dari awal mula release pod ini dijual dengan harga 500 ribuan, sekarang sudah drop hampir setengah harga! Bisa kamu dapatkan dengan harga dibawah 300 ribu, tidak termasuk baterai.  Tapi apakah Fetch Pro ini benar benar “Pro” dan worth to buy?  Baca saja review saya sampai selesai! DESAIN STYLISH, FINISHING KINCLONG Jujur saja, saya termasuk orang yang suka dengan bentuk device yang kotak atau setidaknya hampir mendekati kotak. Rasanya itu ketika dipegang lebih nyaman ditangan. Ini cuma opini pribadi saya saja.   Fetch Pro ini disetiap sudutnya gak tajem, agak oval. Enak digenggam tangan. Finishing dari pod ini bisa dibilang gloss

REVIEW POD VAPORESSO XROS MINI | BUKAN SEKEDAR MINI

DISCLAIMER : REVIEW INI DIBUAT BERDASARKAN SUDUT PANDANG SAYA SEBAGAI PENGGUNA, DIBUAT SE-OBJEKTIF MUNGKIN, BARANG DIBELI SENDIRI BUKAN ENDORSE. Packaging Xros Mini XROS MINI merupakan generasi penerus terbaru dari keluarga XROS yang dirilis oleh Vaporesso ditahun 2021. Vaporesso mengklaim bahwa Xros Mini mampu memberikan sensasi dan pengalaman Vaping MTL  terbaik pada sebuah pod device. Tapi apakah klaim ini benar adanya? Apa bedanya dengan Xros? Baca saja tulisan saya sampai selesai! Isi Packaging Xros Mini PACKAGING MINIMALIS Minimalis, itulah yang saya rasakan ketika memegang box kemasan dari Xros Mini, ya walaupun tidak se-minimalis Neat 2. Tetap saja terbilang minimalis apabila dibandingkan dengan produk pod lain yang juga buatan Vaporesso.  Dan sepertinya saat ini memang sedang musim / nge-trend packaging produk dengan gaya minimalis. Didalem kotak packaging dari Xros Mini ini terdapat Pod Xros Mini dengan 1 buah cartridge 1,2 Ohm yang sudah terpasang. Kabel Usb type C,